Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevalusian produk dan jasa demi memenuhi kebutujan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
(sumber : http://pengetahuanberharga.blogspot.co.id/2011/04/apa-yang-dimaksud-dengan-perilaku.html)
2. Pemikiran yang benar tentang konsumen
- Konsumen adalah RAJA
 - Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
 - Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu.
 - Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
 
Bila ke empat premis ini diabaikan, 
konsekuensinya hampir selalu negatif. Kami memberikan contoh dari hasil 
pemikiran yang benar maupun yang salah mengenai konsumen. Kami lebih 
jauh mendemonstrasikan bahwa penelitian konsumen, bila ditanggapi dan 
ditafsirkan dengan benar, memberikan masukan yang esensial untuk 
strategi pemasaran yang baik dalam organisasi yang mencari laba maupun 
yang tidak mencari laba. Akhirnya, penelitian juga berfungsi sebagai 
basis untuk pendidikan dan perlindungan konsumen, dan melengkapi 
informasi yang penting untuk keputusan kebijakkan umum. 
(sumber : http://aulianaviza07.blogspot.co.id/2012/11/perilaku-konsumen.html)
3. Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis 
      Kurangnya perhatian terhadap penelitian 
konsumen sudah disadari sejak dahalu. Hal ini terlihat dari para pemasar
 yang lebih memfokuskan pada bagaimana caranya memasarkan produknya.Para
 pemasar kurang memperhatikan bagaimana sebenarnya reaksi dari konsumen 
yang rnengkonsti produk tersebut. Bila konsumen merasa tertarik pada 
suatu produk secara teliti konsumen hanya dapat mengkonsumsi produk 
tersebut tanpa dapat diberikan tanggapan yang dirasakannya dari produk 
tersebut. 
Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang 
menunjukkan keinginannya untuk mengetahui tidak hanya sejauh-mana 
kebutuhan konsumen, akan tetapi juga bagaimana tanggapannya akan produk 
yang dikonsumsinya yang berarti berhubungan dengan kepuasan konsumen. 
Perusahaan mulai kritis Mengenali tingkah  laku konsumen akan suatu 
produk. Mereka mulai banyak melakukan penelitian yang dapat membantu 
mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan 
konsumen tersebut. Perusahaan melakukan berbagai macam riset dengan 
melihat dari berbagai macam faktor yang akan timbul. 
Penelitian eksplorasi tidak 
direncai-iakaii untuk menyimpulkai-i jawaban dalam meneliti pertanyaan 
yang diberikan oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian mengenai 
kesimpulan konsumen terhadap suatu produk, kesimpulan konsumen dapat 
merek, dan pelayanan itu penting juga digunakan untuk mengkaji dalam 
mengidentifikasikan apa yang mempengaruhi konsumen. 
Pendekatan Penelitian Konsumen 
Ada dua pendekatan penelitian, yaitu pendekatan penelitian Cross-sectional dan Longitudinal. 
    
1. Pendekatan Penelitian Cross-Sectional 
Pendekatan ini dimaksudkan untuk 
meneliti aspek-aspek peri,~pku konsumen yang menggunakan waktu secara 
relatif sii-tgkat, misalnya meneliti perubahan perilaku konsumen pada 
waktu tertentu, mempelajari nilai dan sikap konsumen terhadap suatu 
produk dalam momen waktu tertentu. 
    
2. Pendekatan Penelitian Longitudinal 
Pendekatan ini dimaksudkan untuk 
meneliti aspek—aspek perilaku konsumen yang terjadi dalam beberapa 
periode waktu tertentu, misainya mengadakan penelitian mengenai pendapat
 masyarakat tentang kopi merek glatik selama periode waktu enam bulan. 
Pendekatan penelitian longitudinal 
dilakukan pada periode waktu yang relatif lama, sedangkan pendekatan 
penelitian cross-sectional menggunakan waktu relatir singkat atau 
sesaat.
(sumber : http://aulianaviza07.blogspot.co.id/2012/11/perilaku-konsumen.html)
 (sumber : http://aulianaviza07.blogspot.co.id/2012/11/perilaku-konsumen.html)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar